Pages

Subscribe:

Jumat, 26 Desember 2008

20 Tips menjaga tulang punggung



  1. Mengetahui kemampuan anda: Jangan menangangkat suat benda yang terlampau berat daripada yang dapat ditahan punggung. Mintalah tolong.
  2. Saat mengangkat dan membawa benda, jarak kaki lebar supaya untuk keseimbangan, dan tekuk kedua lutut dan angkat benda dekatkan dengan tubuh anda.
    Ingat ingat , biarkan kedua tungkai untuk mengangkat, bukan punggung anda.
  3. Pivot: Kedua belah bau, kaki, pinggul, menghadap kedepan setiap saat ketika anda mengangkat, atau membawa barang. Berputarlah dengan tangan jangan memutar.
  4. Dorong daripada tarik: Kapanpun anda bisa, lebih baik mendorong daripada menarik sebuah benda. Anda akan mendapatkan 2 hal yaitu lebih banyak tenaga dan mengurangi terjadinya injury
  5. Balance: punggung anda bagian bawah dan otot otot perut membantu membantu postur tubuh yang baik. Sehingga akan berdampak keduanya menjadi kuat.
  6. Duduk: Hindari duduk untuk jangka periode yang lama. setiap setengah jam, berdirilah dan berjalan jalan sebentar.
  7. Berdiri: Berdirilah dengan posisi yang berganti dan menjaga lutut untuk sedikit menekuk. Kaki secara bergantian, istirahat di di permukaan yang lebih tinggi ketika anda berdiri dalam jangka waktu yang lama.
  8. Tidur: Matras yang tipis memberikan support yang paling sempurna untuk punggung. Hindari tidur menggunakan perut anda
  9. Berkendara: Geser dudukan kursi kedepan dan duduklah dengan lutut yang lebih tinggi daripada kedua pinggul anda. Pastikan punggung anda tersangga penuh oleh bantal tipis atau handuk yang digulung.
  10. Tetap Aktif: Berpartisipasi pada gaya hidup aktif akan memperbaiki toleransi terhadap nyeri pinggang dan stress.
  11. Latihan Penguluran dan penguatan: Sebuah program latihan yang teratur akan memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas, sehinga akan mengurangi cidera punggung anda.
  12. Otot otot perut: 80% masalah punggung disebabkan oleh kelemahan otot perut, sehingga jangan dilupakan. Otot Otot perut yang kuat merupakan penyangga yang menjaga punggung tetap stabil.
  13. Sebelum anda memulai: Konsultasikan dengan dokter anda / fisioterapi sebelum melakukan program latihan baru, khususnya apabila anda mengalami masalah dengan punggung.
  14. Perhatian/hati hati: Saat anda merasakan nyeri punggung,terasa tertusuk, tidak berasa alias baal(numbness) atau kelemahan di kedua tungkai--- STOP aktivitas!
  15. Sandal/sepatu: Hindari dengan tungkai tinggi. Berpusatlah pada kenyamanan dan dapat menyangga dengan baik, bukan karena masalah harga atau fashion
  16. Relax: Lepaskan segala ketegangan otot otot punggung anda. Sadari dan rasakan otot otot anda dalam kondisi relax. Tarik nafas dalam, pijat dan stretching/penguluran dapat membuat anda lebih relaks.
  17. Kontrol berat badan: Jaga Berat badan yang disarankan.Kelebihan berat badan akan membuat tekanan pada punggung anda.
  18. Posture: Ini dimulai dari punggung anda. Gunakan otot otot perut untuk daya angkatnya. Duduk dan berdiri usahakan tinggi kedua lengan segaris dengan pinggul anda , supaya menghindari nyeri kepala, nyeri leher dan punggung bagian atas.
  19. Common sense: Jaga punggung anda berdasarkan atas kesadaran diri, pencegahan dan kebiasaan yang baik.
  20. Masih butuh bantuan? silahkan hubungi slamrpy@yahoo.com atau (021) 68164526 (Slamet R)


praktek ( slamet riyono Str Kes Ftr )

Slamet physsio ( ruko golden road blok c27 no 50 bsd city belakang itc bsd ) 0812 9000 5668